< Indonesia <----> English > Selamat Datang Di Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan Semarang - Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia ------------- GRAND STRATEGY (The Blue Revolution Policies) : 1. Memperkuat Kelembagaan dan SDM secara Terintegrasi. 2. Mengelola Sumber Daya Kelautan dan Perikanan secara Berkelanjutan. 3. Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Berbasis Pengetahuan. 4. Memperluas Akses Pasar Domestik dan Internasional.

Sosialisasi Tata Naskah Dinas dan Kearsipan

Rabu, 7 November 2012 10:43:31 - oleh : admin

Sosialisasi Tata Naskah Dinas dan Kearsipan

 

Pada masa sekarang ini, sumber informasi telah menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap organisasi (baik itu untuk kepentingan pengambilan keputusan, pembuktian, fiscal, layanan publik dan lain-lain). Pengelolaan persuratan dan kearsipan yang baik selalu ditandai dengan penataan informasinya yang tepat dan cepat sehingga dapat digunakan secara langsung untuk penyelesaian administrasi (proses pengambilan keputusan merupakan bagian dari penyelesaian administrasi).

Manajemen kearsipan merupakan sebuah sistem yang mencakup keseluruhan aktivitas dari daur hidup arsip (life cycle of records). Daur hidup arsip meliputi penciptaan (creation and receipt), pengurusan (distribution), penggunaan (use), pemeliharaan (maintenance) dan penentuan nasib akhir atau penyusutan (disposition). Masing-masing tahapan tersebut merupakan sub-sistem tersendiri yang saling berkaitan secara fungsional. Apabila salah satu sub-sistem tersebut tidak berjalan maka akan mengganggu keseluruhan proses sistem manajemen kearsipan. Oleh karena itu dipandang perlu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tata Naskah Dinas dan Kearsipan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan sistem kerja yang baik dan benar terutama dalam urusan menciptakan surat dinas dan pengelolaan surat-surat dinas Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya lingkup Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan.

Kegiatan Sosialisasi Tata Naskah Dinas dan Kearsipan lingkup Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan tahun 2012 dilaksanakan pada 1-2 November 2012 di Tlogo Plantation Resort Tuntang Kabupaten Semarang. Bentuk kegiatan ini dibagi menjadi 3 fase yaitu penyampaian presentasi, diskusi dan pertemuan interaktif antar peserta. Kegiatan dibuka oleh Kepala BBPPI Ir. Wahid, M.Si, dalam sambutannya disampaikan bahwa petugas pengelola surat dan pengelola arsip harus senantiasa memahami akan tugasnya dan senantiasa mengelola dan menjaga informasi yang ada agar tidak jatuh kepada pihak yang tidak berkepentingan, selain itu petugas arsip juga harus senantiasa aktif mengembangkan wawasan dan teknologi guna menuju pengelolaan persuratan dan kearsipan secara lebih profesional.

Kegiatan ini merupakan pembinaan dan pelatihan bagi seluruh karyawan BBPPI, dengan harapan dapat meningkatakan kemampuan dalam menciptakan tata naskah dinas dan mengelola arsip di unit kerja. Jika dapat dijalani maka pelestarian pertanggung jawaban nasional akan tertata, terpelihara dan berdaya guna dalam menunjang aktivitas instansi.
Narasumber kegiatan ini dari Biro Umum KKP, yaitu Kepala Subbagian Arsip Soenarto, SE, M.Si dan Arsiparis tingkat ahli Dede Abdurahman, SE. Dalam salah satu uraiannya disampaikan bahwa kegiatan ini bukanlah tumpuan akhir dalam membangun kecintaan terhadap dunia persuratan dan kearsipan, akan tetapi pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadi pemicu untuk lebih dalam menggali khasanah penciptaan tata naskah dinas dan arsip di masa yang akan datang, dalam rangka penyebaran arti penting surat dan arsip sebagai bahan pertanggungjawaban nasional.

Sumber : Lenny

Kirimkan | Cetak hal ini

Informasi "Umum" Lainnya