< Indonesia <----> English > Selamat Datang Di Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan Semarang - Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia ------------- GRAND STRATEGY (The Blue Revolution Policies) : 1. Memperkuat Kelembagaan dan SDM secara Terintegrasi. 2. Mengelola Sumber Daya Kelautan dan Perikanan secara Berkelanjutan. 3. Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Berbasis Pengetahuan. 4. Memperluas Akses Pasar Domestik dan Internasional.

Pelatihan Perpustakaan

Senin, 16 Juli 2012 11:57:23 - oleh : admin

Pelatihan Perpustakaan

 

Kata perpustakaan tentu tidak asing ditelinga kita, keberadaan perpustakaan sangat penting untuk mendukung kegiatan dan juga sebagai tempat mencari referensi karena tanpa referensi sebagai contoh seorang mahasiswa tidak akan diterima tesisnya apabila tidak mencantumkan referensinya maka sanagt penting untuk meningkatkan/upgrade informasi dan pengetahuan seorang pustakawan.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang perpustakaan maka Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan menugaskan 2 stafnya untuk mengikuti diklat pengenalan perpustakaan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI, 10 Juli 2012. Pelatihan dasar perpustakaan tersebut diikuti oleh 23 peserta dari berbagai instansi Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi dan dilaksanakan selama 4 hari.

Diklat pengenalan perpustakaan dibuka oleh Kepala Perpusnas RI, Hj. Sri Sularsih. Dalam sambutannya, ia berharap dengan adanya diklat ini, seluruh peserta lebih memahami berbagai aspek perpustakaan dan dapat mengaplikasikannya di instansi masing-masing. Sementara itu, ketua panitia diklat, Drs. Sugiyanto mengharapkan agar seluruh peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti, materi yang disampaikan selama diklat, sehingga kedepannya dapat memajukan fungsi Perpustakaan di instansinya masing-masing.

Materi hari pertama diawali dengan pretest, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta mengenai perpustakaan. Hal ini akan dijadikan bahan pembanding pada saat acara diklat pengenalan selesai. Materi yang disampaikan antara lain Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Katalogisasi, Pengembangan Koleksi, Perawatan Bahan Pustaka, Klasifikasi dan Tajuk Subyek, Layanan Perpustakaan serta Pengantar otomasi Perpustakaan. Materi disampaikan oleh narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya. Materi disampaikan dengan metode diskusi dan simulasi sehingga terjadi komunikasi dua arah untuk memaksimalkan kemampuan setiap peserta.

Diakhir diklat, dilakukan kunjungan ke Perpustakaan Mahkamah Konstitusi yang memiliki perpustakaan yang sudah modern. Disini setiap peserta diberi kesempatan untuk bertanya secara detail bagaimana system pengelolaan perpustakaan yang modern.

Sumber : Akbar

Kirimkan | Cetak hal ini

Informasi "Umum" Lainnya